Thursday, January 16, 2014

Fascinating Bangka: Jalan-jalan Seru Menambah Lemak

Akhirnya minggu kemarin dapat job MC untuk event Wedding lagi di luar kota, tepatnya di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Actually that was my second time at Bangka. Jadi ceritanya tahun lalu gw pernah ngeMC juga di Bangka, tapi waktu itu di Sungailiat (di Novilla Boutique Hotel Sungailiat) untuk event wedding-nya Fery-Felita. Naaahhh pas itu ternyata ada temennya si bride yang ngeliat gw ngeMC dan langsung deh gak lama gw balik dari Bangka, dia langsung kontak gw. Wuiwww mantappppp!!!

Gw seneng banget dapat job di luar kota, why? These are few reasons why I loooove to have event outside Jakarta:
  1. I love travelling!! Gw emang doyan banget jalan-jalan, sayangnya kerjaan kantor di weekdays dan kerjaan ngeMC di weekend bikin gw agak susah ngatur waktu luang untuk jalan-jalan. Jadi klo lagi dapat job luar kota biasanya sih gw datang duluan atau extend.
  2. I love to learn new culture, language and blend in to a new society. Gw suka banget tuh bisa belajar berbagai macam aksen, dialek, adat, budaya dll… Hahaha berasa duta perdamaian yaaa.. Tapi belajar banyak bahasa dan kebudayaan sangat-sangat berguna buat gw. Terutama ketika gw ngeMC dan ternyata client gw ada dari tempat tertentu atau suku tertentu jadinya gw bisa ngobrol nyambung. Nah yang gw pelajarin pun pastinya basic language kayak terima kasih, selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan 1,2,3. Kepake banget deh!!!
  3. I love to eat!!! Hahaha yang satu ini adalah penyebab kenapa gw semakin menggendut tiap kali pulang dari ngeMC di luar kota. Buat gw, nyobain menu khas suatu daerah is a must!!!Soalnya meskipun di Jakarta bisa dibilang hampir semua makanan itu ada, tapi tetep jauh lebih enak makan di tempat asalnya. Karena racikan bumbunya, cara masaknya, cara penyajiannya totally different dibanding kalau dibikin di Jakarta.
  4. I love to take my selfies alias bernarsis ria. Ya kaaaan biar eksis hahaha. Pasti dah tu klo di tempat yang gw tuju ada daerah pantai-nya atau ada tourist spot-nya gw musti nyempet2in ke sana. Yah sekalian memperdalam ilmu menjadi petite model!! Hehehehe
Oke balik lagi ke perjalanan gw minggu lalu, akhirnya setelah deal dengan si calon pengantin Martin & Ellen, gw berangkat ke Bangka hari Kamis lalu (9/1). Gw naik Sriwijaya Air, karena ga semua maskapai penerbangan punya rute ke Bangka, tapi untuk Sriwijaya Air ada 6x penerbangan dalam satu harinya. Gw ambil 1st flight biar gw sempet pagi-pagi bisa jalan-jalan dulu sekitar kota. Di Bandara Internasional Soe-Ta gw ketemu sama temen-temen dari WO Aun & Friends. Berangkat barenglah kita. Si calon pengantin niat banget lho karena bawa bunga untuk dekornya, bunga segar langsung dari Jakarta.  Perjalanan dari Jakarta-Pangkal Pinang kurang lebih 1 jam, baru mau tidur bentar eeeeh udah nyampe aja dong. Mendaratlah kita di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang jam 8-an.

Ternyata gw udah dijemput sama pihak keluarga, dan berpisahlah gw dengan rombongan WO karena mereka musti prepare dulu di Novotel Bangka, sedangkan gw langsung berangkat ke rumah Ellen di Sungailiat. Kalau gw tanya sama drivernya sih jarak antara Pangkalpinang ke Sungailiat sekitar 40km, which means mirip-mirip jarak Jakarta-Bogor, tapi yang bikin gw kagum adalah waktu tempuhnya yang Cuma 30 menit. WOW!!! Emang sih sama sekali ga ada yang namanya Machicha alias Macet!!
Begitu sampai di rumah Ellen, ternyata lagi ada acara sanjitan dan Ellen looked totally gorgeous on that red dress!! Emang ya aura mau menikah tuh berasa beda. Nah selama prosesi sanjit, ada banyak makanan yang disediain di rumahnya Ellen:
-          Mie Bangka --> endeeessssss
-          Sate B2 --> juga endeeess
-          Tekwan
-          Kue khas bangka

Huff kenyang deh tuh makan banyak makanan khas Bangka itu. Terus akhirnya sambil nunggu ya gw nonton TV aja dulu di ruang tamu. Eeeh ga lama kemudian papinya Ellen datang sambil bawa durian banyaaaaak bgt. Duriannya sih kecil2 tapi isinya manis legit menggugah selera. Pertama ditawarin sih masih sok malu-malu, begitu yang lain udah ikutan makan, gw langsung kalap. Hahaha. Ada kali tuh 4 durian abis gw lalap. Langsung berasa TEEENNGGGG alias pusing dan badan berasa panas. Eits, tapi jangan sedih, kalau udah begitu triknya adalah taruh air minum di bekas buah durian yang udah ga ada isinya, minum deh dari sana. Katanya sih cara itu untuk menghilangkan panas dalam. Ga tahu ya bener atau cuma sugesti aja, but for me it works!

Sorenya gw berangkat ke Novotel Bangka untuk check-in dan istirahat. Suasana hotelnya sangat nyaman, resepsionisnya pun sangat-sangat membantu. FYI, menurut kabar burung yang beredar Novotel Bangka ini adalah satu-satunya hotel di Bangka yang punya ballroom paling besar dengan kapasitas mencapai 3.000 orang. Kamarnya sendiri standard Novotel, nyaman dan simple.

Berhubung hari udah mau menjelang malam, jadilah gw ma anak-anak WO cari makan di sekitaran hotel dan sampailah kita di sebuah tempat makan yang gw juga lupa namanya apa. Di situ gw pesen Lempah Kuning, yang merupakan makanan berkuah khas Bangka yang menggunakan ikan tenggiri, nanas dan campuran bumbu kunyit. Rasanya sendiri asam manis gurih sedikit pedas tapi menyegarkan. Yang gw perhatiin di sini, nanasnya berasa beda ya, yang info dari penjualnya ini adalah Nanas Bangka jadi buahnya tebal, juicy dan manisnya terasa. Ikan tenggirinya juga segar dan relatif ga amis. Kata yang jual semakin segar ikannya, semakin mantap lempahnya. TERBUKTI!!!!

Malam pun berganti pagi (haiiiishhhh bahasanyaaaaa… hahaha), sampailah kita di di hari Jumat (10/1) yang juga merupakan D-day Wedding Martin-Ellen. Dari pagi WO udah sibuk nyiapin ini itu, tapi berhubung gw baru sorenya kerja jadi gw masih bisa nyantai dulu. Tadinya pagi-pagi gw mau nyobain Mie Bangka yang ada di Jalan Bintang (ini referensi dari Ko Freedy, MC Mahadahsyat yang job-nya udah sampe Swiss), tapi berhubung semua orang pagi-pagi lagi ribet gw jadi ga enak mau minta dianterin. Mau berangkat sendiri tapi kok ga ada taksi lewat ya?  Yaudahlah ga jadi deh makan Mie Bangka yang heitts yang kata Ko Freedy cuma buka sampe jam 10 pagi aja, dan pagi udah rame banget.

So, siangnya gw baru bisa dianterin sama kenalannya si pengantin yang ternyata juga buka jasa travel di Bangka, namanya Ka Thyo (FYI, meskipun namanya terkesan maskulin, tapi beliau adalah perempuan sejati hehehe). Dia punya jasa travel dan memang biasa dihubungi kalau ada orang perlu mobil kalau mau muter-muter di Bangka. Harganya pun cukup murah 1 jam 100.000 saja, kalau seharian bisa ada diskon lagi. Yang mau ke Bangka dan perlu mobil, jangan lupa kontak gw biar bisa gw kasih tau ke Ka Thyo, dijamin dikasih diskon… hehhee